mrgaruda | blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | mrgaruda ~ blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | http://mrgaruda.blogspot.co.id
Diberdayakan oleh Blogger.

cara merawat dan mengobati sakit mata atau belekan pada kucing tanpa perlu ke dokter hewan (vet)



cara merawat dan mengobati sakit mata atau belekan pada kucing tanpa perlu ke dokter hewan (vet)
Penyakit atau masalah kesehatan pada kucing sering disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah  konjungtivitas (radang pada selaput mata), katarak, glaucoma, trauma, serangan virus, penyakit retina, ada juga yang di sebabkan oleh kucing yang mengalami diare dan lain-lainnya. Gejala-gejala sakit mata pada kucing yaitu mata berair, bulu mata sering basah, mata sayu, terdapat garis merah atau putih di kelopak mata, kotoran di sudut mata, mata juling, dan binatang ini sering menggaruk-garuk matanya. Kotoran yang menjadi kerak akan mengandung kuman dan bakteri di area mata dan menyebabkan kucing belekan atau matanya berair terus menerus. Apabila tidak diobati dengan segera, maka kucing menjadi sakit mata yang cukup parah. Berikut kami sajikan cara merawat dan mengobati sakit mata atau belekan pada kucing tanpa perlu ke dokter hewan (vet);
cara merawat dan mengobati sakit mata atau belekan pada kucing tanpa perlu ke dokter hewan (vet),
Contoh kucing sakit mata/belekan

  • Membersihkan Mata Kucing
Apabila mata kucing terlihat belekan, segeralah untuk membersihkan dan memperhatikan kucing. Agar tak melukai atau membuat mata kucing infeksi, bersihkan dengan kapan halus. Cara awal yang dapat dilakukan agar mencegah kucing sakit mata tak menjadi parah yakni dengan membersihkan mata kucing anda dari belekan.

  • Menaruh Kucing di Kandang
Cara kedua yang dapat dilakukan yakni dengan memisahkan kucing yang terkena sakit mata dengan kucing lainnya. Yakni dengan menaruh di kandang yang berbeda agar tak menulari kucing lainnya. Apabila anda hanya memiliki seekor kucing saja, tetaplah untuk menaruhnya di kandang dan perhatikan kebersihan kandang juga. Apabila kucing dibiarkan berkeliaran, akan memungkinkannya bermain di tempat kotor yang mengakibatkan memperparah penyakit mata yang diderita oleh kucing kesayangan anda.
  • Memberi Obat
Tips mengatasi kucing terkena sakit mata selanjutnya yakni dengan memberinya obat, apabila terlihat mata kucing sudah tertutup karena belekan. Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obat alternatif yang tak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Seperti yang diketahui bahwa penyakit mata atau belekan pada kucing disebabkan karena virus dan mengatasinya dengan antibiotik.

      * Daun sirih mengandung antibiotik yang cukup baik untuk mengatasi berbagai penyakit dan dapat dijadikan juga sebagai alternatif obat mata kucing alami. Hal pertama yang dilakukan yakni dengan membersihkan belekan menggunakan kapas hapus dan usap secara perlahan hingga bersih. Kemudian siapkan daun sirih yang telah dipetik dan bersihkan dengan air bersih dan rebus hingga air mendidih. Air hasil rebusan daun sirih yang telah dingin diteteskan pada mata kucing yang belekan. Obat lainnya bisa menggunakan Teramicin yang dikhusukan untuk mengatasi mata kucing yang sakit atau belekan.

* Obat sakit mata Teramicin dapat anda jumpai di apotik dan harganya pun cukup terjangkau. Setelah mengoleskan obat tersebut, tunggu hingga beberapa saat sampai belekan mulai berkurang pada bagian mata. Berikan obat ini 1 hari sekali, apabila tak sembuh juga lebih baik membawanya ke dokter hewan terdekat.

Demikianlah aritkel yang dapat kami sajikan, semoga dapat memberikan hasil yang memuaskan seperti harapan kita semua, jika memiliki masukan, kritik & saran yang  membangun untuk artikel maupun blog ini di persilahkan berkomentar, selamat mencoba dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya :).  

Jangan lupa untuk membaca artikel yang berjudul --)  Rekomendasi susu kucing yang baik

Please Share and don't for get to bookmark this page !!!
Thanks ^_^

 
Terima kasih telah membaca artikel tentang cara merawat dan mengobati sakit mata atau belekan pada kucing tanpa perlu ke dokter hewan (vet) di blog Mr.Garuda jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

mrgaruda | blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | mrgaruda ~ blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | http://mrgaruda.blogspot.co.id

Sangat tidak diperkenankan berkomentar yang besifat kotor, sara maupun ras, kedepankanlah etika.
Terima kasih sudah berkomentar ^_^