mrgaruda | blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | mrgaruda ~ blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | http://mrgaruda.blogspot.co.id
Diberdayakan oleh Blogger.

Penanganan terhadap kucing jamuran


Penanganan terhadap kucing jamuran
Salah satu penyakit yang cukup menyebalkan dan kerap terjadi pada kucing kesayangan anda yakni jamuran. Penyebab kucing terkena jamur adalah dari virus Ringworm atau jenis jamur yang hidup di bagian bulu dan kulit, Terutama kitten yang notabene daya tahan tubuhnya masih rendah sehingga gampang tertular.

      Sebelumnya kita kenali terlebih dahulu apa itu  ringworm?, Ringworm disebabkan oleh jamur yang hidup di kulit dan bulu. Ada beberapa spesies jamur yang hidup di kulit dan bulu, salah satu spesies yang cukup bandel dan sering menyerang kucing & anjing adalah Microsporum canis.
    Ciri-ciri kucing anda terkena penyakit jamur yakni  bulu kucing mulai rontok atau semakin membotak, terkadang kulit menjadi kering dan mirip seperti ketombe. Tak hanya itu, rontokan kulit kering yang terkelupas terlihat seperti sisik dan pada daerah bulu yang rontok terlihat kulitnya iritasi berwarna kemerahan seperti gatal atau terluka. Kulit kering yang mengelupas kadang menyerupai sisik. Daerah kerontokan bulu biasanya berbentuk lingkaran (circular). Kadang kadang hewan yang terserang hanya mengalami sedikit kerontokan/bulu patah dibagian wajah dan telinga. Biasanya puncak kerontokan pada kucing terlihat dalam waktu 5 minggu sejak kontak dengan M. canis.

      Ringworm menyebar melalui kontak dengan bulu atau ketombe yang terinfeksi dan mengandung spora. Spora jamur terdapat tersebar dimana-mana seperti seperti kandang, tempat makan, lantai, sisir dan lainnya. Bagi pecinta kucing, usahakan untuk terus menjaga tempat atau kandang kucing dan lingkungan agar tetap bersih. Hewan yang masih muda dan tua rentan terhadap infeksi jamur ini.

Penanganan terhadap kucing jamuran
Contoh kucing jamuran
Obat Luar
 
  • Shampo berbahan dasar aktif Ketoconazole
     Carilah shampoo khusus kucing yang berbahan dasar ketoconazole 2%. Shampo ini bisa dicari di Petshop atau pun di supermarket. Untuk pemberian shampo bisa digunakan 2x seminggu. Perhatikan saat memandikan kucing, sebab kucing sangat agfersif saat dimandikan.
  •   Belerang 0.5-5 %
    Ternyata belerang juga bisa menyembuhkan jamur pada kucing. Caranya bilaslah tubuh kucing dengan belerang 0.5-5%. Saat membilas belerang ke tubuh kucing harus dilakukan dengan sangat hati hati, jangan sampai belerang tersebut masuk ke dalam mata kucing karena sangat berbahaya. Kemudia ratakan belerang tersebut di tubuh kucing dan keringkan. Sehabis dibilas dengan belerang biasanya kucing mengalami penurunan nafsu makan karena bau belerang yang menyengat. Perhatian yang lebih harus diberikan kepada kucing agar ia mau makan. 

  •   Salep dan bedak
      Penggunaan salep dan bedak lebih mudah daripada shampoo ataupun belerang. Dengan menggunakan salep atau bedak berarti kita bisa memfokuskan pada bagian tubuh yang terkena jamur. Salep atau bedak untuk obat jamur bisa dibeli di petshop. Kekurangan menggunakan salep dan bedak, kucing dengan mudah bisa menjilat salep atau bedak yang diberikan ke badan kucing. Maka saat diberikan bedak atau salep, kucing dipakaikan collar.

  • . Tambahan dari Saya , Minyak VCO ( virgin coconut oil) dan propolis
     Cara penggunaannya sama seperti salep , tinggal dioles kebagian yang terinfeksi jamur. Kelebihaannya adalah karena bahannya alami , misal kalo dijilatin kitten atau kucing dewasa ga ada efek sampingnya malah menyehatkan. Pengalaman pribadi ane dari jamur yang sangat berkerak , hilang dalam sekejap tp bulunya juga ilang he, rontok bareng jamurnya. Gpp yang penting jamurnya musnah soal bulu kan bisa tumbuh lagi.

Obat Minum atau Dalam untuk Kucing Jamuran

  • Itraconazole
     Salah satu obat yang dapat menyembuhkan kucing kesayangan anda dari penyakit jamur yang cukup membandel. Pemberian obat ini 2 x 2 minggu dan diberikan bersama makanan berlemak agar penyerapan obat lebih maksimal. Namun efek sampingnya akan membuat si puss mengalami nafsu makan menjadi menurun dan muntah. Usahakan juga agar tak memberikan obat ini pada kucing yang sedang hamil akan berakibat buruk bagi si kucing.

  • Ketoconazole
      Obat yang cukup dikenal untuk mengatasi kucing jamuran yakni Ketoconazole. Obat ini dapat diberikan saat anda memberikan makanan yang berlemak dan lagi-lagi berfungsi agar penyerapan obat lebih baik. Setiap obat pasti memiliki efek samping, begitu juga dengan obat ini. Kucing akan mengalami mual-mual, muntah dan nafsu makan berkurang bahkan hilang.

  • Fluconazole
    Fluconazole merupakan obat minum untuk mengobati kucing terkena jamuran. sahabat Garuda dapat memberikan kucing anda yang menderita penyakit kulit ringworm setiap hari hingga dua hari sekali selama satu munggu atau sampai sembuh. Namun efek samping pada obat ini yakni gangguan hati. Perhatian keras!, jangan coba-coba berikan obat ini pada kucing yang sedang hamil.

     Intinya kembali kepada rutin atau tidaknya pengobatan yang diberikan, coz untuk menyembuhkan sampai mngembalikan kondisi bulu seperti semula bisa memakan waktu hingga berbulan bulan. Untuk pencegahannya sering sering dijemur di panas matahari pagi, karena jamur pada dasarnya berkembang biak di suhu yang lembab. Dan jangan lupa untuk rutin memandikan kucing kucing kita dengan shampo anti jamur. 

     Demikianlah aritkel yang dapat kami sajikan, semoga dapat memberikan hasil yang memuaskan seperti harapan kita semua, jika memiliki masukan, kritik & saran yang  membangun untuk artikel maupun blog ini di persilahkan berkomentar, selamat mencoba dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya :)
 .  
     Jangan lupa untuk membaca artikel yang berjudul --) Cara mengobati kucing sakit mencret atau diare dengan 5 hal sebelum dibawa ke dokter

Please Share and don't for get to bookmark this page !!!
Thanks ^_^
Terima kasih telah membaca artikel tentang Penanganan terhadap kucing jamuran di blog Mr.Garuda jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

mrgaruda | blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | mrgaruda ~ blog yang memberikan informasi seputar Teknologi, Kesehatan, Hewan dan lain - lain | http://mrgaruda.blogspot.co.id

Sangat tidak diperkenankan berkomentar yang besifat kotor, sara maupun ras, kedepankanlah etika.
Terima kasih sudah berkomentar ^_^